STRATEGI STP MARKETING (Segmenting, Targeting, Positioning)

 

STRATEGI STP MARKETING (Segmenting, Targeting, Positioning)



1. PENDAHULUAN

Strategi pemasaran adalah salah satu bagian yang diperlukan dalam menjalankan bisnis. Ada beberapa jenis strategi pemasaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi pemasaran bisnis, salah satunya adalah Strategi STP (Segmenting, Targeting, Positioning).

Strategi STP sudah terbukti efektif digunakan untuk membuat rencana komunikasi suatu perusahaan dan memudahkan pemasaran menentukan posisi perusahaan dan menentukan segmen bisnis secara cepat dan tepat.

2.  PENGERTIAN   STP

STP Marketing (Segmenting, Targeting dan Positioning) adalah salah satu strategi pemasaran untuk menentukan di area mana suatu bisnis akan dijalankan. Berdasarkan namanya strategi ini dibagi menjadi tiga langkah yaitu mengidentifikasi segmen, menganalisis target pasar dan menentukan posisi yang tepat untuk menjalankan bisnis.

2.1.         Segmentasi

Segmentasi atau segmentasi pasar adalah proses membagi pasar menjadi subset konsumen dengan kebutuhan atau karakteristik umum. Segmentasi merupakan dasar untuk menentukan strategi komponen-komponen yang disertai dengan pemilihan target pasar. Sehingga proses akan memberikan acuan dalam tahapan perawatan selanjutnya.

2.2. Penargetan         

Penargetan adalah persoalan bagaimana memilih, menyeleksi dan menjangkau pasar. Target pasar itu satu segmen pasar yang akan menjadi kegiatan pemasaran. Strategi targeting perlu dilandasi pada keunggulan kompetitif perusahaan yang bersangkutan. Keunggulan kompetitif merupakan cara untuk mengukur apakah perusahaan memiliki keahlian dan kekuatan yang cukup memadai untuk menguasai segmen pasar yang dipilih atau tidak.

2.3.         posisi posisi

Positioning adalah cara untuk menempatkan iklan promosi atau produk pada segmen yang telah dipilih dengan target yang telah disusun. Langkah-langkah yang bisa dilakukan dalam menyajikan produk ke pasar adalah sebagai berikut :

  • Memberikan penawaran solusi.
  • Menemukan   keunggulan produk.
  • Menyusun iklan atau promosi yang menarik agar dapat merebut pangsa pasar.

 


3. SEGMENTASI IDE BISNIS

Pada tulisan kali ini saya akan mencoba menerapkan Strategi STP pada usaha penjualan salad buah. Hal ini diambil dengan pertimbangan bahwa pada masa ini banyak orang yang ingin memakan makanan sehat dengan rasa yang enak.

Berdasarkan pemikiran diatas maka strategi yang disusun adalah sebagai berikut :

  • Segmentasi secara demografis, produk salad buah ini akan menyasar masyarakat umum dari usia anak-anak hingga orang dewasa. Produk diproduksi untuk para konsumen yang menyukai salad buah.
  • Segmentasi secara psikografis, target pasar dari usaha ini adalah konsumen yang menyukai berbagai macam sayur dan buah-buahan makanan sehat lainnya. Biasanya mereka juga menyukai kegiatan berolahraga.
  • Segmentasi geografis, Untuk memastikan produk salad buah tetap segar dan terjamin kualitasnya maka jangkauan geografisnya adalah daerah bekasi dan sekitarnya. 
  • Segmentasi secara perilaku, perilaku pasar sasaran adalah orang yang ingin beralih ke pola makan yang lebih baik yang mengandung vitamin dan protein yang baik. Tetapi, tidak mungkin menutup juga bagi konsumen yang ingin menyicipi makanan penutup yang sehat dan segar.

 

4. TARGETING IDE  BISNIS

“Salad buah kekinian yang siap dikonsumsi” akan ditujukan kepada masyarakat yang menjalankan gaya hidup dengan mengkonsumsi makanan sehat dan mengajak masyarakat yang lebih luas untuk memulai gaya hidup sehat dari usia dini. Untuk menjaring loyalitas pelanggan kita harus memberikan akses yang memudahkan mereka mendapatkan produk sehat ini, misalnya dengan menggunakan pesanan layan antar (delivery).

 

5. POSITIONING IDE BISNIS

Salad Buah kekinian yang siap dikonsumsi mampu menekan pada memasuki industri makanan dan memposisikan produk makanan penutup melalui harga dan kualitas produk.

Penjualan salad buah kekinian yang siap dikonsumsi meningkat setelah mendapat testimoni yang dibuat para konsumen yang mencoba produk atau masyarakat umum yang tertarik mencoba salad buah. Memposisikan produk salad buah sebagai bahan utama untuk disimpan di kulkas agar tetap segar.

 

KESIMPULAN

Strategi pemasaran merupakan hal penting untuk mempertahankan bisnis termasuk strategi pemasaran STP, namun ada hal penting lainnya yaitu tetap menjaga kualitas  produk terbaik dan kontinuitas ketersediaan produk. kebijakan  STP sangat penting untuk membuat produk website yang bersangkutan agar produk salad buah segar lebih cepat dikenal oleh masyarakat umum sehingga dapat memperluas pangsa pasar. 

 

Demikian ini penjelasan tentang Segmenting, Targeting dan Positioning (STP) yang dapat kita terapkan pada bisnis salad buah. Semoga artikel ini bisa membantu. 


Terima kasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROTOTYPE MPV SALAD BUAH

BISNIS USAHA “SALAD BUAH KEKINIAN BY RANI”

PITCH DECK