ANALISIS VRIO
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
A. Apa itu analisis VRIO
Analisis VRIO merupakan analisis atribut yang dilakukan untuk internal perusahaan yang berguna dalam membantu menentukan kualitas dan kegunaan sumber daya dan kemampuan perusahaan. Analisis VRIO ini dikembangkan oleh Jay B.Barney yang mengatakan bahwa VRIO adalah analisis kerangka bisnis yang membentuk bagian dari skema strategi perusahaan yang lebih besar.
Analisis VRIO merupakan alat yang digunakan untuk mengevaluasi sumber daya perusahaan seperti sumber daya keuangan, sumber daya manusia, dan lain-lain. Ini singkatan dari kelangkaan, ketidakmampuan dan organisasi.
B. Kegunaan analisis VRIO secara umum
Analisa VRIO (Valuable, Rare, Inmitable, Organized to Capture Value) mengartikan VRIO adalah suatu alat untuk menganalisis sumber daya internal dari perusahaan dan kemampuan untuk mengetahui apakah perusahaan dapat menjadi sumber keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.
C. Implementasi analisis VRIO dalam bisnis
Problem : Semua orang membutuhkan buah-buahan untuk menjaga kesehatan badan tetapi tidak semua orang rajin dan berminat untuk mengkonsumsi buah-buahan.
Solusi : Mengemas buah-buahan menjadi salad sehingga menarik dan siap dikonsumsi.
Peluang : Peluangnya usaha membuat salad buah yang segar, sehat dan menarik.
Ide bisnis : Salad Buah kekinian yang siap dikonsumsi.
ANALISIS VRIO |
||||
|
BERHARGA |
LANGKA |
IMITABILITAS |
ORGANISASI |
Pemasaran |
YA |
YA |
YA |
TIDAK |
Sumber bahan baku |
YA |
|
|
YA |
Kemampuan Invasi |
YA |
YA |
YA |
YA |
|
|
|
|
|
Menentukan pelatihan apa yang akan berwirausaha serta banyak mempelajari apapun ini untuk menambah wawasan mengenai kewirausahaan. Demikian kali ini, saya berpikir terima kasih.
Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Komentar
Posting Komentar